Jun 15, 2011

Kenyamanan Hidup dibalik Pencahayaan yang Tepat

Hari ini saya teringat kembali  perjuangan belajar saya di masa kecil. Waktu itu, ketika saya masih bersama keluarga besar di kampung, jauh sebelum saya dapat menikmati terangnya malam dengan sentuhan listrik, cahaya kuning dari lampu minyak yang sedikit redup ketika tertiup angin dengan setia menemani saat-saat indah saya dalam belajar. Sebentar-sebentar, saya tutupi lampu itu agar cahayanya kembali stabil dan melanjutkan screening terhadap buku-buku pelajaran yang antri untuk dibaca.


Beberapa hari kemudian, ayah membeli sebuah lampu petromax yang dipasang di ruang keluarga. Lampu petromax tersebut selanjutnya menjadi satu-satunya penerangan terbesar di rumah kami, dimana semua anggota keluarga nampak dengan penuh kebersamaan mengelilinginya di ruang tamu. Ayah dengan asyik membaca kitab suci, adik dengan penuh antusias mengerjakan pekerjaan rumahnya, ibu dengan teliti  menjahit seragam adik yang sehari sebelumnya sobek terkena paku, sementara saya sendiri semakin tergugah untuk mengulas pelajaran hari itu.

Dari luar, suasana tersebut kelihatan temaram ketika cahaya dari lampu petromax tersebut juga menyusup melalui jendela depan, melesat keluar menuju ruang gelap beranda rumah yang memang belum terpasangi lampu apapun. Meski tidak seterang cahaya di dalam rumah, suasana beranda menjadi lebih asri dan nyaman, maklum waktu itu belum banyak tetangga yang memiliki lampu petromax sebagai penerangan utama di malam hari.

Ketika listrik masuk, kami menyambutnya dengan penuh sukacita. Setiap sudut ruangan nampak terang dengan sentuhan lampu bolam 5 watt yang sedikit redup, sementara di ruang tengah, lampu neon 40 watt setia menemani malam-malam kami selanjutnya. Malam-malam tersebut menjadi lebih hidup meskipun kadang saya merasa silau dengan cahaya lampu neon yang saya anggap terlalu terang .

Kini, saya hidup dengan keluarga baru saya, tepat ketika teknologi LED telah dapat saya nikmati. Tidak seperti lampu-lampu konvensinal lainnya, teknologi pencahayaan LED menawarkan manfaat dinamis, jauh dari kesan silau. Dengan teknologinya yang sangat canggih, lampu LED mampu memberikan pencahayaan yang tepat pada semua bidang pantul.

Selain itu, lampu LED juga memiliki kualitas yang lebih unggul, umur yang lebih panjang, daya tahan yang lebih dapat diandalkan, serta menggunakan bahan yang tidak beracun. Dengan kendali digital, lampu LED bahkan mampu dikendalikan secara cerdas dan dinamis sehingga mengeluarkan cahaya yang sesuai dengan lingkungan.

LED (Ligt Emitting Diode) sendiri adalah sebuah chip semikonduktor yang memancarkan cahaya ketika mengalirkan arus listrik. Lampu LED tergolong hemat energi karena jika bola lampu pijar hanya mengubah 8% dari listrik yang dikonsumsinya, lampu LED mampu mengolah 15% hingga 25% energi listrik yang diterimanya menjadi cahaya. Disamping itu, lampu LED juga sangat fleksibel karena kemampuannya mengeluarkan hampir semua spektrum cahaya sehingga lampu ini banyak digunakan untuk berbagai keperluan, bukan hanya terbatas pada keperluan rumah tangga.

Sebagai sebuah terobosan baru dalam teknologi pencahayaan ruang, sayapun tergugah untuk kembali melestarikan nuansa kekeluargaan dan kebersamaan yang pernah saya rasakan dulu bersama keluarga besar di kampung dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi lampu LED yang telah banyak dimanfaatkan di banyak fasilitas publik di Amerika tersebut. Saya memahami mengapa banyak orang Amerika beralih dari lampu pijar ke lampu LED ini karena memang tidak mengandung merkuri sehingga ramah lingkungan, lebih hemat listrik sehingga tidak terlalu membebani pengeluaran keluarga, daya tahan lebih lama sehingga tidak perlu sering diganti, dan tidak menghasilkan panas sehingga tidak memunculkan efek ketidanyamanan sebagai pengguna.


Di tengah kemajuan teknologi yang sangat pesat ini, tentu kita menyadari bahwa lampu bukanlah sekedar sebagai penerangan seperti halnya ketika kita menganggap lampu minyak di waktu kecil sebagai sumber cahaya. Saat ini, pencahayaan yang bagus, elegan, dan hemat energi tentu akan memberikan nuansa hidup yang lebih dinamis, dan inilah era dimana lampu LED menjadi sebuah gaya hidup sekaligus sumber kenyamanan.  

1 comments:

chomsa said...

sekrang udh zamannya LED.. klo dulu ublek hehehehe

Post a Comment

INDOTRAVELTIPS

Indotraveltips is a blog containing inspiring and motivating articles about Indonesia. You can find many information related to Indonesian culture, lifestyle, tourism objects, and s forth. Some tips and tricks are included to give you a break in following more updated news about Indonesia.


. Some articles are written in English supported by Dev Yapılar izle and some in Indonesian to give a balance of your reading mood. Since this blog is dedicated to all visitors and readers, not only from Indonesia, the methods of providing the articles in both language hopefully will help improve your understanding about Indonesia.






Contact Person

Kami sangat berterima kasih atas kunjungan Anda. Semoga informasi yang diberikan melalui blog ini berguna bagi Anda. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi Andy di spiritof454[at]yahoo[dot]com
 

© 3 Columns Newspaper Copyright by indotraveltips | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks