May 8, 2012

Perkembangan Internet di Indonesia


Sebagai negara berkembang, Indonesia terus berbenah, termasuk dalam hal dengan dunia maya (cyber). Dukungan dari berbagai pihak terus mengalir, bukan hanya Pemerintah, namun juga swasta dan masyarakat sendiri sebagai pengguna aktif internet. Bagaimana perkembangan internet di Indonesia saat ini? Berikut sekilas gambarannya.

Internet di Indonesia saat ini cukup pesat berkembang. Tidak hanya dalam hal kecepatan koneksi, namun juga jangkauan serta jumlah penggunanya. Dalam beberapa tahun ini saja, bahkan Indonesia tercatat sebagai salah satu negera dengan pengguna jejaring sosial Facebook terbesar di dunia, yang juga terus meningkat jumlahnya. Hal ini menjadi sebuah sinyal mendasar tentang penggunaan internet di tengah masyarakat Indonesia.

Jika beberapa dekade yang lalu, internet di Indonesia hanya dapat diakses kalangan tertentu karena biaya koneksinya yang masih terlalu mahal, saat ini koneksi internet telah meluas ke hampir segala penjuru Indonesia. Terlebih dengan adanya persaingan operator seluler yang mulai melakukan perang tarif layanan data, setelah sebelumnya gencar bersaing dalam hal tarif komunikasi.

Di tengah geliat internasional akan kualitas dan kuantitas koneksi internet, Indonesia semakin maju dalam hal layanan serta penggunaan internet. Dengan dukungan hampir semua operator seluler, masyarakat Indonesia mulai menjadikan koneksi internet sebagai bagian dari kehidupan kesehariannya.

Masyarakat Indonesia saat ini mulai terbiasa dengan dunia maya, baik yang berkaitan hal-hal konsumtif seperti mengakses jejaring sosial, hingga yang sangat produktif dengan menjadi penggerak bisnis online. Jaringan yang semakin luas dari sejumlah operator lokal seperti XL, Indosat, Telkomsel, Telkom, Esia, Smartfren,  Three, dan Axis telah menambah kuantitas pengguna koneksi internet di Indonesia.

Terlebih saat ini dimana operator-operator seluler tersebut terus meningkatkan kuantitas serta kualitas layanannya, masyarakat Indonesia seakan menjadi raja di negerinya sendiri. Mereka bebas berekspresi di dunia maya dengan segala potensi dan keahliannya tanpa harus pusing memikirkan tarif maupun jangkaun koneksi internet. Dengan dukungan operator seluler tersebut, masyarakat Indonesia dapat terus memberdayakan diri. 

2 comments:

Halimah said...

perkembangan internet dinegeri kita mengubah banyak hal termasuk memudahkan kita dalam mengakses ilmu pengetahuan.

Blogger Gundul said...

Internet memang berkembang pesat di negeri ini, tapi siapkah kita akan dampak negatifnya?

Post a Comment

INDOTRAVELTIPS

Indotraveltips is a blog containing inspiring and motivating articles about Indonesia. You can find many information related to Indonesian culture, lifestyle, tourism objects, and s forth. Some tips and tricks are included to give you a break in following more updated news about Indonesia.


. Some articles are written in English supported by Dev Yapılar izle and some in Indonesian to give a balance of your reading mood. Since this blog is dedicated to all visitors and readers, not only from Indonesia, the methods of providing the articles in both language hopefully will help improve your understanding about Indonesia.






Contact Person

Kami sangat berterima kasih atas kunjungan Anda. Semoga informasi yang diberikan melalui blog ini berguna bagi Anda. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi Andy di spiritof454[at]yahoo[dot]com
 

© 3 Columns Newspaper Copyright by indotraveltips | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks