Nov 4, 2011

Kopdar Blogger Nusantara yang Inspiratif dan Motivatif


Keikutsertaan Kami di Kopdar Blogger Nusantara
Perjalanan Anggota Komunitas Blogger Jogja dari Yogyakarta ke Sidoarjo.
Mimbar Kopdar Blogger Nusantara
Kopdar (Kopi Darat) Blogger Nusantara yang dilaksanakan dari tanggal 28 hingga 30 Oktober 2011 di SUNCITY Convention Hall, Jalan Pahlawan Sidoarjo, Jawa Timur yang lalu menyisakan berbagai kenangan manis bagi saya sebagai seorang blogger newbie yang haus ilmu dan persahabatan sesama blogger. Sejumlah pengalaman dan fenomena unik serta lucu mewarnai keseharian saya selama mengikuti acara yang LUAR BIASA tersebut.

Berangkat bersama rombongan Komunitas Blogger Jogja (KBJ) yang beranggotakan sekitar 35 blogger, saya menumpang bis Eka yang menurut seseorang yang kami temui di terminal memberikan pelayanan yang memuaskan. Kami berangkat sekitar pukul 8 malam dengan semangat penuh untuk segera menuju Sidoarjo, yang dalam bayangan kami akan langsung merasakan empuknya tempat tidur hotel dengan segala fasilitas mewahnya. Sedemikian antusiasnya, kami pun tidak menyadari bahwa bus yang kami tumpangi ternyata telah disusupi oleh seorang “tante setengah normal” yang pada akhirnya memicu “salam dua jari,” sebuah salam unik yang (***censored) hanya dipahami oleh komunitas kami (KBJ).

Tiket Bus Eka yang Kami Tumpangi
Satu jam pertama dalam media transportasi darat itu kami habiskan dengan canda tawa dan sosialisasi diri sebagai sesama blogger yang belum sedemikian akrab. Kantuk pun mulai menyerang, satu per satu anggota KBJ lelap menjemput mimpinya, termasuk mimpi menikmati empuknya kamar tidur hotel setelah tiba di Sidoarjo nantinya. Kami tidak menyadari bahwa di tengah suasana hening tersebut, “Sniper” KBJ mengintai dan “menembak” pose-pose lucu anggota komutinas ini di kala tidur.

Setelah empat jam berlalu, kami tiba di Ngawi, dimana Duta, sebuah rumah makan di kota asal Wayang Krucil tersebut telah menyiapkan menu masakannya bagi para penumpang Bus Eka. Dengan raut muka acak-acakan, satu persatu anggota KBJ turun dan langsung membasuh muka. Jam di dinding menunjuk angka 12, waktu yang sulit untuk menyebut acara makan tersebut termasuk makan pagi atau makan malam. Saya pun mulai memesan makanan sesuai menu yang disediakan, khususnya yang menggugah selera.

Spanduk Komunitas Blogger Jogja (KBJ)
Di tengah riuh para pelayan menyuguhkan pesanan rekan-rekan Komunitas Blogger Jogja, raut muka kami mendadak berubah. Semua menu yang kami pesan ternyata jauh dari bayangan dalam hal rasa, yang sebagian besar telah terbiasa dengan masakan khas Yogya yang serba manis. Kami pun akhirnya melahap beragam makanan “asing” tersebut dengan selera yang “setengah dipaksakan.” Setelah selesai, kami pun melanjutkan perjalanan.

Pada jam 4 pagi waktu Surabaya, kami tiba di terminal Purabaya, cek anggota, dan koordinasi penjemputan dengan panitia. Di tengah kegalauan kami menunggu jemputan, seorang anggota KBJ justru menikmati moment tersebut dengan mandi super pagi, melewatkan kegelisahan anggota lain yang segera ingin menikmati kasur empuk hotel yang kami bayangkan. Akhirnya, dengan menumpang empat mobil kecil yang disediakan panitia, kami pun tiba di lokasi “hotel.”
Hotel Mewah Kami selama Kopdar
Anggota KBJ Memasuki "Hotel Mewah"nya

Bilik Toilet untuk Semua Penghuni 
Ini Bilik Mesra? Bukan. Ini Ruang Ganti Kami
Raut muka semua anggota KBJ berubah total termasuk saya. Keceriaan yang terbesit di wajah-wajah sayu kami karena kantuk selama perjalanan tiba-tiba menjadi raut-raut kecut, hopeless, dan pasrah pada keadaan ketika kami menyadari bahwa “hotel” impian yang kami harapkan ternyata sebuah lapangan tenis indoor yang disulap jadi “hotel berbintang tujuh,” lengkap dengan berbagai fasilitas daruratnya. Kami pun berkelakar, “Semoga pengalaman menjadi pengungsi gempa dan letusan Gunung Merapi di Yogyakarta beberapa waktu yang lalu dapat menjadi bekal untuk menjalani hari-hari di “hotel mewah ini,” (wkwkwkwkwk: mode tawa censored). Mulai dari moment inilah segala keunikan selama Kopdar Blogger Nusantara terjadi.

Fenomena-dan Hal-Hal Unik di Sidoarjo
Anggota KBJ Mnikmati Makan Pagi

Anggota KBJ Bercengkerama Melepas Lelah

Seorang snggota KBJ yang sedang mengutak-atik Andorid barunya
Hari Pertama di “penampungan” kami lewati dengan penuh keakraban. Saya pun berpikir, sebagai blogger yang pernah menekuni aktivitas ke-MAPALA-an, saya mulai memahami ide “camp penampungan” ini sebagai sebuah media pengakraban bagi sesama blogger dari seluruh nusantara, jauh dari kesan sekat atau pembatas yang mungkin saja akan kami temui jika seandainya diinapkan di hotel, baik kelas melati maupun berbintang. Lambat laun, kami pun mulai terbiasa dengan suasana tersebut, bahkan ketika harus tidur beralaskan kasur tipis, bersandar pada satu bantal, tanpa selimut, antri ke kamar mandi, serta menikmati dengkuran rekan-rekan yang nampak kelelahan.

Hotel Impian Kami

Tempat Kopdar KBJ Berlangsung
Hari pertama saya awali dengan sebuah harapan bahwa hari-hari selanjutnya dapat saya nikmati seraya menimba ilmu dari para pembicara. Kebisingan kota Sidoarjo yang sempat saya bayangkan sebagai daerah pinggiran yang dipenuhi lumpur ternyata justru mendominasi suasana. Seperti halnya yang telah diutarakan Wakil Bupati Sidoarjo pada Pembukaan Kopdar Blogger Nusantara di Suncity Convention Hall bahwa hanya kurang dari 2% daerah tersebut yang tergenang lumpur, selebihnya Sidoarjo merupakan daerah industri yang padat, bahkan terpadat penduduknya di Jawa Timur. Berbekal pernyataan beliau dan melihat situasi yang ada, saya dapat merasakan optimisme yang dibalut dengan keceriaan para blogger yang “tersesat” di penampungan. Sungguh kesemuanya itu menambah riuh suasana Sidoarjo waktu itu.


Berbekal kamera saku yang salah satu hasilnya jepretannya sempat menghiasi sebuah media nasional, Kompas, saya pun berburu hal-hal unik yang tidak pernah saya temui sebelumnya. Terlebih dengan suasana penampungan plus segala pernik yang disediakan panitia, tentu banyak hal yang dapat saya abadikan dengan kamera tersebut, tentunya dibawah bayang-bayang “Si Sniper” yang terus memantau pose-pose unik yang mungkin saja saya lakukan selama di Sidoarjo. Hasilnya, inilah foto-foto yang  dapat saya jepret selama Kopdar Blogger Nusantara di Sidoarjo.

Tulisan Terhapus, korban keganasan Blogger Jogja yang kepanasan

Bukan hanya tikar saja yang bisa dipake rame-rame, stop kontak pun bisa

Keterbatasan papan jemur, apapun di"MAKSIMAL"kan

"Jangan khawatir sayang, ini ga akan lama kok" xixixi

Mimpi apa ya yang satu ini? xixixxi

Aksi Si Sniper
Wah, cantik-cantik pegangannya clurit! Santai, ini cuman tarian kok

Lelap dalam Kelelahan

Mobil Pos? Bukan, itu warna angkutan di Sidoarjo

Mau benerin perut? Disini tempatnya

Maskot KBJ mau Benerin AC

Coba kalo Air Mata Buaya...Malaysia Punya!
Blogger Tertua (63 Tahun) dan Termuda (13 Tahun)
Rasanya? Coba sendiri




1 comments:

Me said...

Wah, mantap...

Post a Comment

INDOTRAVELTIPS

Indotraveltips is a blog containing inspiring and motivating articles about Indonesia. You can find many information related to Indonesian culture, lifestyle, tourism objects, and s forth. Some tips and tricks are included to give you a break in following more updated news about Indonesia.


. Some articles are written in English supported by Dev Yapılar izle and some in Indonesian to give a balance of your reading mood. Since this blog is dedicated to all visitors and readers, not only from Indonesia, the methods of providing the articles in both language hopefully will help improve your understanding about Indonesia.






Contact Person

Kami sangat berterima kasih atas kunjungan Anda. Semoga informasi yang diberikan melalui blog ini berguna bagi Anda. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi Andy di spiritof454[at]yahoo[dot]com
 

© 3 Columns Newspaper Copyright by indotraveltips | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks