Aug 20, 2011

BLOGGER JOGJA BERHATI NYAMAN



Berawal dari ketidakikutsertaan di Kopi Darat (Kopdar) Komunitas Blogger Jogja (KBJ) hari Jum’at, tanggal 19 Agustus 2011 di Joglo Abang, Mlati, Sleman,  saya luangkan waktu untuk melihat hasil pertemuan para Blogger Jogja Berhati Nyaman tersebut melalui forum KBJ di Facebook. Alhamdulillah, Unit Reaksi Cepat para punggawa KBJ segera memposting beberapa hasil dari pertemuan tersebut yang diantaranya:

  1. Kopdar berjalan sukses dengan 42 peserta yang mengisi form (attending) keikutsertaannya di Facebook (tidak termasuk saya yang absen, hehe);
  2. Kopdar dihadiri oleh salah satu Master SEO Jogja, Mas Antok Suryaden;
  3. Rencana Kopdar selanjutnya akan dilaksanakan pada Hari Minggu, 25 September 2011, dengan lokasi yang belum ditentukan;
  4. Atas usulan Sang Master, diadakan lomba SEO kecil-kecilan dengan kata kunci (keyword) Blogger Jogja Berhati Nyaman yang berhadiah 3 Lisensi Norton AntiVirus Original.
  5. Diharapkan semua anggota KBJ mengikuti kontes ini sebagai bentuk inspirasi sekaligus motivasi agar terus maju dan menjadi bagian dari kesuksesan KBJ di kemudian hari (Amin…)
(hasil pertemuan diolah dari artikel di: www.tomipurba.net dan beberapa update status di Facebook)

Blogger Jogja Berhati Nyaman sendiri adalah semboyan KBJ yang dihasilkan dari Lomba Logo KBJ di forum Faebook beberapa waktu lalu. Didahului dengan lomba logo KBJ yang terbuka bagi seluruh anggota, Mas Jeanot Nahasan memenangkan kontes tersebut. Dengan pertimbangan kelengkapan Logo, semboyan pun akhirnya dibuat selaras dengan semboyan Kota Yogya sendiri yakni Yogyakarta Berhati Nyaman. Harapannya bahwa semua peserta KBJ juga senantiasa memiliki hati yang nyaman meskipun blognya naik turun peringkat atau bahkan kena serudukan Panda-nya Mbah Gugel (mode ketawa lirih sambil nanya siapa saja gerangan rekan blogger yang senasib).

Mengetahui antusiasme rekan-rekan di KBJ, saya tertarik untuk mengulas tentang Komunitas Blogger Jogja yang memiliki semboyan Blogger Jogja Berhati Nyaman dan anggota yang mencapai 98 (database per tanggal 20 Agustus 2011) ini dalam kacamata pribadi sebagai seorang blogger. Terlebih di tengah dinamika akses internet yang semakin mudah dan murah, kemunculan KBJ menjadi salah satu sumber inspirasi sekaligus motivasi bagi blogger-blogger Jogja untuk mempererat jalinan persaudaraan dan saling berbagi informasi, menjadikan blogging sebuah aktivitas positif yang multi manfaat.

Di tengah merebaknya demam Facebook, bahkan terselip isu kantor Facebook yang akan dipindah ke Indonesia karena pesatnya peningkatan jumlah Facebookers (sebutan bagi mereka yang maniak Facebook), sejumlah anak muda justru berlomba-lomba mengasah ketrampilan menulisnya melalui aktivitas blogging dan bergabung dengan komunitas blogger, baik nasional maupun lokal, seperti halnya Komunitas Blogger Jogja yang baru saja mengumumkan semboyannya yakni Blogger Jogja Berhati Nyaman. Antusiasme yang terpancar dari ide-ide yang fresh, postingan yang selalu diperbaharui, serta komunikasi antar anggota menjadikan anak muda pecinta blogging di daerah ini sangat dinamis sekaligus produktif.

Tidak dapat dipungkiri bahwa blogging adalah sebuah aktivitas yang sangat mendidik sekaligus menantang. Di tangan generasi muda, blogging bukan hanya menjadi sebuah media penyalur hobi positif, namun juga produktif. Tidak sedikit anak-anak SMA yang telah meraih ribuan dollar hanya dari aktivitas ini. Namun demikian, tidak jarang para newbie (sebutan bagi mereka yang masih baru dalam dunia blogging) yang bimbang dan ragu untuk meneruskan aktivitas penuh tantangan ini karena berbagai faktor, khususnya kurangnya pendampingan dan informasi yang akurat. Disinilah letak pentingnya sebuah perkumpulan seperti halnya Komunitas Blogger Jogja dengan semboyannya Blogger Jogja Berhati Nyaman.

Bergabung dengan sebuah komunitas berarti masuk dalam sebuah sekolah tak resmi yang unik, dimana semua anggota siap berbagi ilmu dan membantu sesamanya untuk meraih kesuksesan bersama. Tidak seperti sekolah resmi yang dipisahkan dengan sebutan guru dan murid, di sebuah komunitas seperti KBJ yang memiliki semboyan Blogger Jogja Berhati Nyaman ini, semua anggota tidak memposisikan dirinya sebagai guru maupun murid. Semua anggota berbagi ilmu yang didapatkan baik dari pengalaman pribadi maupun orang lain, meski dalam beberapa kesempatan,  ada blogger newbie yang meminta nasehat dari para seniornya yang sering dipanggil dengan sebutan Mastah atau Master. Inilah sebuah bentuk sinergi yang akan menjadi sebuah energi bagi perkembangan diri masing-masing anggota maupun komunitas pada umumnya.

Sebagai seorang yang belum lama menggeluti dunia blogging, melalui keanggotaan Komunitas Blogger Jogja dengan semboyannya Blogger Jogja Berhati Nyaman, saya sendiri pun terkesima dengan perkembangan dunia blogging di Kota Gudeg ini. Banyak sekali anak muda yang telah bertahun-tahun terjun ke dunia blogging dan meraih manfaat dari aktivitas ini, baik dalam hal pengetahuan, pertemanan, hingga finansial. Sering terbesit kekecewaan pada diri saya kenapa tidak dari dulu saya menggeluti dunia ini sehingga saya tidak harus menunggu 4 tahun untuk menyelesaikan skripsi karena kemalasan saya untuk menulis (mode ketawa kecut).


Untuk itulah, melalui artikel pendek ini saya meminta maaf kepada rekan-rekan di KBJ karena tidak ikut dalam Kopdar di Joglo Abang karena satu dan dua hal sekaligus mengucapkan terima kasih kepada segenap anggota Komunitas Blogger Jogja atas dukungannya selama ini, khususnya Bro Tomi Purba, Pakne Afif, Jeanot Nahasan, Bima Sakti, M Rifqi Sultoni, Azhie Kurozhaki, Achmad Zulfikar, dan semua anggota KBJ yang pernah ketemu di acara Blogilicious Yogya maupun yang hanya lewat Facebook. Bersama-sama, sambil menyambut matahari pagi, mari kita buktikan bahwa memang Blogger Jogja Berhati Nyaman. 

2 comments:

sanusi said...

salam kenal mampir ke blog saya

Rizal said...

salam kenal mari saling mengunjungi

Post a Comment

INDOTRAVELTIPS

Indotraveltips is a blog containing inspiring and motivating articles about Indonesia. You can find many information related to Indonesian culture, lifestyle, tourism objects, and s forth. Some tips and tricks are included to give you a break in following more updated news about Indonesia.


. Some articles are written in English supported by Dev Yapılar izle and some in Indonesian to give a balance of your reading mood. Since this blog is dedicated to all visitors and readers, not only from Indonesia, the methods of providing the articles in both language hopefully will help improve your understanding about Indonesia.






Contact Person

Kami sangat berterima kasih atas kunjungan Anda. Semoga informasi yang diberikan melalui blog ini berguna bagi Anda. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi Andy di spiritof454[at]yahoo[dot]com
 

© 3 Columns Newspaper Copyright by indotraveltips | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks